Headline News :

Wednesday, August 15, 2012

VIRUS HEPATITIS B : LAKUKAN VAKSINASI

VIRUS HEPATITIS B : LAKUKAN VAKSINASI

Apa itu VHB?
gambar : medicalook.com
Virus hepatitis B adalah virus yang menyebabkan pembengkakan hati. Hepatitis B yang kronis dapat menyebabkan kerusakan sel hati yang akhirnya berujung pada sirosis (rusaknya jaringan normal) dan kanker.
Hepatitis B bukanlah penyakit baru di Indonesia. Fakta mencatat hepatitis B menimpa 5-10% dari jumlah penduduk Indonesia. Hal ini terutama disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit ini.

Bagaimana penularanya?
VHB tidak menular melalui makanan dan minuman atau kontak sehari-hari, melainkan melalui cairan tubuh seperti tranfusi darah, hubungan seks, jarum suntik dan ibu yang terinfeksi ke anak di dalam kandungannya.
Penyakit ini sulit dideteksi. Virusnya mampu bertahan sampai beberapa minggu diluar tubuh manusia, dan menyerang manusia tanpa tanda-tanda khusus, sehingga penderita tidak sadar dirinya terinfeksi dan menularkan pada orang lain. Karena itu, penularan virus hepatitis B sangat cepat, 100 kali lebih cepat dari virus HIV.
Tanda tanda penyakit ini seperti gejala layaknya gejala flu ringan, cepat lelah, sakit punggung, mual dan kekuningan pada kulit dan mata.

Apa yang harus dilakukan?
Kabar baiknya, hepatitis B dapat dicegah melalui vaksinasi. Setelah divaksinasi, seseorang tidak perlu lagi takut terinfeksi oleh virus ini.
Dengan perkiraan tingkat kematian 5.000 pertahun, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena vaksinasi tidak mempan lagi jika sudah terjangkit VHB.

Lakukan vaksinasi sebelum terlambat.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: Wednesday, August 15, 2012 Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog