Headline News :

Thursday, August 9, 2012

Manfaat Gingseng

Manfaat Gingseng



Ginseng merupakaan tanaman yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sejak 5000 tahun lalu tanaman ini telah digunakan oleh bangsa Cina dan Korea untuk pengobatan. Gingseng dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan Ginseng
Dalam gingseng terkandung saponin dan glikosida. Saponin berfungsi untuk memulihkan dan meningkatkan stamina, caranya dengan mempengaruhi kelenjar hipofisia agar memerintahkan cortex untuk mengeluarkan hormon cortisol dan aldosteron. Hormon ini yang dapat menyeimbangkan kadar gula dan garam dalam darah. Selain kandungan itu terdapat juga Vaporising oil, Asam organik dan ester, Sterols. Gingseng juga mempunyai banyak kandungan vitamin, diantaranya B1, B2, B12, serta vitamin C.

Manfaat Ginseng
Ginseng  dikenal peneliti sebagai adaptogen. Maksudnya adalah dapat beradaptasi seperlunya untuk mengobati ketidakseimbangan dalam tubuh. Banyak contoh yang dapat diambil yaitu kemampuanya menyeimbangkan tenanan gula darah, trigliserida dan tingkat kolesterol. Gingseng mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Gingseng juga mampu meningkatkan kekuatan otot jantung serta mencegahnya dari serangan jantung.
Ginseng juga telah terbukti mengurangi kadar gula darah ke tingkat yang wajar bagi orang-orang yang memiliki diabetes tipe-2. 
 Ginseng memiliki efek stimulan ringan, bermanfaat untuk mempertajam kesadaran mental dan mengurangi gejala kelelahan kronis. Ginseng berkemampuan untuk meningkatkan fungsi otak dan bertindak sebagai stimulan, yang dapat membantu orang yang menderita depresi, stres, dan yang ketergantungan pada beberapa obat (kokain atau methamphetamines, misalnya). Studi menunjukkan bahwa suntikan ginseng dapat membantu meningkatkan kadar hormon Adrenocorticotropic (ACTH) dan adrenalin dalam tubuh, yang mendukung kelenjar adrenal saat terjadi stres. 
 Ginseng terkenal juga sebagai stimulan libido. Penelitian telah mendukung kepercayaan tradisional bahwa ginseng bertindak sebagai afrodisiak dengan merangsang hipotalamus untuk menghasilkan hormon seks yang merangsang pertumbuhan sel dan penyembuhan pada organ seks. Ginseng sangat bermanfaat untuk laki-laki yang mengalami disfungsi ereksi atau gangguankesuburan, hal ini  karena ginseng dapat meningkatkan tingkat testosteron dan aliran darah ke penis. Ginseng juga bermanfaat bagi wanita premonopause dan menopause yang mengalami hot flashes karena ginseng telah ditemukan untuk merangsang ovarium untuk menghasilkan estrogen.
 Penelitian yag dilakukan oleh University of Ulsan dan Korea Ginseng and Tobacco Research Institute di Seoul, Korea Selatan, dan dilaporkan oleh “The Journal of Urology”, menyebutkan manfaat ginseng untuk mengatasi gangguan ereksi.Penelitian itu melibatkan 45 pria yang mengalami gangguan ereksi. Secara acak para pria tersebut diberi pil berisi 900 miligram ginseng dan plasebo (pil kosong atau palsu) sebanyak tiga kali sehari. Memasuki minggu kedelapan, penelitian dihentikan selama dua minggu. Lalu, selama delapan pekan berikutnya penelitian diteruskan dengan mengubah pola, yang semula memperoleh plasebo diganti ginseng, dan sebaliknya. Baik peneliti maupun partisipan tidak tahu mana pil plasebo dan mana yang berisi ginseng. 
 Hasilnya, nilai fungsi ereksi, hasrat, dan kepuasan seksual dalam bersenggama ternyata lebih tinggi pada saat pria minum ginseng ketimbang saat diberi plasebo. Para pria itu mengaku mampu memperoleh dan mempertahankan ereksi dengan lebih baik saat memperoleh ginseng. Saat memperoleh ginseng, 60 persen pria mengaku kemampuan ereksinya membaik. Sebaliknya, pada kelompok yang diberi plasebo, hanya 20 persen yang mengaku mengalami perbaikan ereksi.
 Ginseng juga merupakan penguat sistem kekebalan tubuh dan detoxifier alam. Ginseng membantu menjaga hati, kelenjar adrenal, dan tiroid sehat, dapat membantu mencegah penyakit mulai dari flu biasa sampai kanker.Penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat meningkatkan efektivitas antibiotik dan vaksinasi flu. Mengapa hal ini terjadi, memang perlu penelitian lebih lanjut.
 Ginseng juga berkemampuan untuk memperlambat perkembangan kanker. Studi di Korea Selatan dan Cina, menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi ginseng, kemungkinan untuk mendapatkan kanker paru-paru sangatlah kecil, dan tampaknya ginseng juga  meningkatkan efek radiasi dan kemoterapi. Studi menunjukkan bahwa dua senyawa dalam ginseng, ginsan dan alkohol membantu polyacetylinic menghancurkan sel-sel kanker paru-paru dan menghambat pertumbuhan tumor.
 Seseorang yang mengkonsumsi ginseng secara rutin maka kelenjar pituari dalam tubuh dapat menjadi normal. Kelenjar pituari dan tiroid ini yang dapat mengatur produksi hormon-hormon lain dalam tubuh. Hormon lain yang diatur Kelenjar Pituari adalah hormon seks dan adrenalin. Sekarang sudah tau kan penyebab kenapa gingseng dicari orang yang ingin meningkatkan vitalitas.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: Thursday, August 09, 2012 Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog