Headline News :

Tuesday, August 14, 2012

Musuh Utama Mata Sehat


MUSUH UTAMA MATA SEHAT


Mata merupakan indera yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sangat beruntung manusia yang diberi mata dengan kondisi baik. Oleh karena itu sudah selayaknya mata diperlakukan secara hati hati agar kondisinya tetap baik.
Ada banyak hal yang harus dihindari agar mata tetap sehat. Kalau hal ini tidak dihindari maka akan mengancam kondisi mata. Mau tahu?
1.       Gula
Gula sangat diperlukan dalam tubuh manusia karena mengandung banyak glukosa. Namun terlalu banyak glukosa menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Efek dari kadar gula yang terlalu tinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit diabetes. Salah satu komplikasi penyakit diabetes adalah rusaknya sistem pancaindera yaitu mata. Terlalu banyak glukosa dapat juga menyebabkan seseorang menjadi rabun jauh dini. Jadi gula bak musuh dalam selimut yang siap menyerang dari dalam diri kalau tidak dikendalikan.

2.       Rokok
Rokok mengandung banyak sekali bahan berbahaya. Setidaknya dalam rokok terdapat kandungan akrolein, toluen, dan hidrogen sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kandungan akrolein dalam rokok ini dapat memicu adanya penyakit katarak dalam mata, degenerasi makula dan digenarasi syaraf optikal.

3.       Stres Mata
Stres mata dapat terjadi karena mata terlalu tegang dalam melihat. Hal ini sering terjadi karena terlalu asyik bekerja sehingga mata tidak diistirahatkan. Terlalu lama melihat menyebabkan mata menjadi stres. Oleh karena itu sebaiknya istrihatkan mata beberapa menit setelah anda bekerja berjam-jam. Relaksasikan mata dengan memejamkan mata beberapa menit atau dengan senam mata. Caranya gerakkan bola mata dengan melihat sekeliling, kiri kanan, atas dan bawah. Cara ini dapat membuat mata menjadi rileks.
Buat pekerja yang hampir separuh waktunya menatap layar monitor.  terlalu lama terkena radiasi elektromagnetik dari layar monitor, maka kemampuan akomodasi mata akan menurun. Kadang, pusing dan sakit kepala dapat disebabkan mata terlalu lelah namun tetap dipaksakan untuk bekerja.

4.       Sinar Matahari
Sinar matahari memancarkan sinar ultraviolet ke seluruh isi bumi. Bagi tubuh sinar ultraviolet ini dapat membangkitkan vitamin D. Tapi bagi mata sinar ultraviolet (UVA) tidaklah bagus. Karena retina mata sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet. Menggunakan kacamata ultraviolet dapat meminimalisir kontak mata dengan ultraviolet. Tapi alangkah baiknya hindari paparan sinar matahari agar dapat menghindari ancaman UVA.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: Tuesday, August 14, 2012 Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog