Headline News :

Tuesday, August 28, 2012

Seputar Batu Ginjal

SEPUTAR BATU GINJAL

Apa Itu Batu Ginjal?
Image : wikipedia.org
Batu ginjal adalah massa keras yang terbentuk dari kristal yang terpisah dari urin dalam saluran kemih. Normalnya, urin yang mengandung bahan kimia yang dapat mencegah atau menghambat terbentuknya kristal. Dalam beberapa kasus, penghambat ini tidak bekerja sepenuhnya sehingga terbentuklah batu ginjal. Kristal yang cukup kecil dapat melewati saluran kemih dan keluar dari tubuh bersamaan dengan urin tanpa diketahui.

Apa Penyebab Batu Ginjal ?
Jenis makanan tertentu dapat memicu terbentuknya batu ginjal pada mereka yang rentan. Infeksi saluran kencing, kelainan ginjal seperti penyakit ginjala cystic dan kelainan metabolisme seperti hyperparathyroidism juga seringkali dihubungkan dengan terbentuknya batu ginjal.

Apa Gejala Batu Ginjal ?
Keberadaan batu ginjal seringkali tidak terdeteksi. Gejala awal yang dialami berupa nyeri hebat ketika batu bergerak dalam saluran kemih dan menyumbat aliran urin. Penderita umumnya mengalami nyeri seperti tertusuk dan kram pada punggung, pinggang bagian samping letak ginjal berada dan perut bagian bawah. Terkadang disertai mual dan muntah. Pada tingkat yang lebih lanjut, nyeri dapat menyebar hingga selangkangan.

Bagaimana Penanganan Batu Ginjal ?
Untungnya, tidak selalu dibutuhkan pembedahan. Kebanyakan batu ginjala dapat melewati sistem kemih dengan banyak  mengkonsumsi air – 2 sampai 3 liter per hari – untuk membantu mengeluarkan batu ginjal.

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy ?
Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) adalah prosedur yang paling sering digunakan untuk mengobati batu ginjal. Pada ESWL, gelombang kejut yang diciptakan dari luar tubuh masuk melalui kulit dan jaringan tubuh hingga mencapai batu-batu yang solid. Batu akan terurai menjadi serpihan kecil hingga dapat melewari saluran kemih dan keluar dari tubuh melalui urin.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: Tuesday, August 28, 2012 Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog