Headline News :

Wednesday, August 29, 2012

Interval Ideal Untuk Hamil Lagi


Interval Ideal Untuk Hamil Lagi

Kelahiran sang buah hati membuat keluarga menjadi bahagia. Ada yang kemudian berfikir untuk segera menimang buah hati yang baru dengan lahirnya anak lagi. Buat keluarga yang berfikir seperti itu sebaiknya urungkan niat anda. Tunda kehamilan minimal enam bulan, idealnya sih 11 bulan sebelum mengandung anak berikutnya.
Sebuah penelitian menghasilkan kesimpulan kalau jarak kehamilan yang kurang dari enam bulan dapat menambah resiko kematian janin, bayi lahir prematur, atau bayi lahir dengan berat rendah, dibandingkan apabila interval kehamilan berikutnya minimal 11 bulan setelah melahirkan. Penelitian ini berkesimpulan juga kalau interval antar kehamilan yang terlalu pendek membuat cadangan nutrisi dalam tubuh ibu menipis. Selain itu seorang ibu dapat menjadi stres fisik dan hormon dalam tubuhnya tidak seimbang. Yang tentu saja berakibat langsung pada kesehatan janin dan ibu hamil.
Dalam laporan jurnal Contraception Dr Sorina Grisaru mengutarakan kalau "Jarak yang ideal antar kehamilan akan membantu kesehatan ibu dan calon bayi". Direktur Maternal-fetal medicine ini memberikan rekomendasi bahwa waktu ideal untuk hamil lagi adalah 11 bulan dari kelahiran anak terdahulu. Resiko bayi lahir prematur dapat meningkat 23 % pada ibu yang sudah hamil lagi minimal 6 bulan pasca melahirkan. Sedangkan resiko bayi lahir dengan berat rendah dapat meningkat sebesar 15 %.
Interval kehamilan yang terlalu pendek membuat seorang ibu tidak bisa menyusui anak dengan optimal. Terlebih lagi dengan masalah yang akan timbul ketika seseorang mempunyai anak dengan selisih usia yang snagt pendek, kerepotan tentunya yang bakal dialami. Jadi masihkah berencana hamil lagi di bawah interval 6 bulan, bu?



ads

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog