Headline News :

Wednesday, August 29, 2012

Tips Merencanakan Pendidikan Anak


Tips Merencanakan Pendidikan Anak


Pendidikan merupakan hal terpenting dalam rangka meraih masa depan yang gemilang. Pendidikan dapat mempengaruhi karakter seseorang. Sehingga dalam menempuh proses pendidikan harus disusun rencana dengan tepat. Namun merencanakan pendidikan tidaklah gampang. Sehingga banyak yang hanya membuang uang namun misi dari pendidikan itu sendiri tidak optimal. Berikut ini cara menyusun pendidikan yang layak anda jadikan bahan pertimbangan.
Tips Merencanakan Pendidikan
1.    Mulailah Sedini Mungkin
Sudah menjadi rahasia umum kalau biaya pendidikan kian meningkat tiap tahunnya. Biaya pendidikan ini dapat ditekan apabila dilakukan persiapan jauh hari. Maksudnya mulailah merencanakan biaya pendidikan buat anak anda ketika usianya masih kecil. Jangan merencanakan biaya pendidikan menunggu anak anda dewasa, yang artinya pasti akan bersamaan dengan kebutuhan lain yang sifatnya penting. Ketika semakin dini dalam merencanakan pendidikan maka keuangan dapat diatur dengan mudah.

2.    Kenali Cita-cita Anak
Anda boleh memberikan arahan bagi anak dalam menentukan pilihan jalur pendidikanya. Namun sangat tidak disarankan anda memaksakan kehendak anda ke pilihan mereka. Untuk itu kenalilah cita-cita dan minat anak. Misalnya ketika anak lebih tertarik di bidang seni, jangan paksakan kepada mereka untuk tertarik dunia teknik. Berikan dukungan dan perhatian untuk mendalami bidang seni sesuai pilihanya. Anda cukup mendampingi dan memberikan perhatian, pasti akan lebih berguna dalam penentuan jalur pendidikanya.

3.    Pilih Sekolah yang Tepat
Dengan banyaknya sekolah, tentu saja akan memudahkan dalam memilih jalur yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Untuk  itu pilih sekolah yang tepat sesuai dengan potensi yang dimiliki anak.

4.    Tentukan Target Dana yang Dibutuhkan
Buat estimasi biaya pendidikan anak sedini mungkin, tentu saja dengan mempertimbangkan kenaikan biaya pendidikan. Kalau estimasi sudah dibuat maka tentukanlah jumlah dana yang dibutuhkan untuk pendidikan anak.

5.    Pilih Sumber Dana yang Sesuai
Dalam meraih dana pendidikan yang diinginkan, haruslah dikumpulkan dengan cara yang tepat. Ada banyak pilihan yang bisa digunakan, misalnya dengan menyisihkan dana setiap anda menerima gaji, menginvestasikan uang dalam jumlah besar sekaligus, atau dengan menjaminkan aset yang anda miliki. Untuk menentukanya terlebih dahulu pelajari mekanisme dan keuntungan masing-masing cara. Tapi yang terpenting adalah sesuaikan pilihan tersebut dengan kemampuan, jangan terlalu memaksakan pilihan dengan tanpa mempertimbangkan pendapatan anda.

6.    Cermatilah Rencana Investasi
Setiap penentuan investasi haruslah fleksibel atau bisa berubah. Evaluasi investasi secara berkala untuk melihat adanya kemungkinan berubah ke cara yang lebih efektif, misalnya dengan adanya dinamika ekonomi misalnya dengan kenaikan atau penurunan inflasi. Ketika cara investasi yang dipilih anda rasa tidak tepat lagi maka segeralah bermanuver ke cara lain yang lebih efektif.
Demikian tips dalam merencanakan pendidikan anak dengan tepat. Semoga pilihan anda dalam merencanakan pendidikan buat buah hati anda dapat berjalan dengan tepat. Karena pendidikan dapat menentukan masa depan anak anda.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: Wednesday, August 29, 2012 Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog